Selasa, 09 Juni 2015

Bangunan Unik & Megah di Kuwait (1): Masjid As-Sadiqa Fatimatul Zahra

Bangunan Unik & Megah di Kuwait (1): Masjid As-Sadiqa Fatimatul Zahra  : aktual.co
Masjid As-Sadiqa Fatimatul Zahra, di Kuwait (Foto: Istimewa)

Pemerintah Kuwait telah membangun sebuah Masjid dengan meniru bentuk bangunan Taj Mahal di India. Taj Mahal – nya Kuwait itu diberi nama Masjid As-Sadiqa Fatimatul Zahra.


Jakarta, Aktual.co —Kuwait merupakan negara yang kaya akan minyak. Negara itu diapit oleh tetangganya yang cukup berpengaruh seperti Arab Saudi di selatan, Irak utara dan Iran di timur.

Penduduk Kuwait, secara tradisional mencari nafkah dari pembuatan kapal, budidaya mutiara, perikanan, dan beternak.

Minyak telah mengubah perekonomian negara Kuwait karena  membantu negara ini membiayai berbagai program kesejahteraan sosial bagi warganya.

Negeri Arab Teluk yang satu ini bertabur Masjid indah. Tak sekedar unik, tapi juga megah dan mewah dan tentu saja padat dengan jemaah terutama di bulan Ramadan.

Berikut beberapa Masjid unik di negara Kuwait
Masjid Agung Kuwait

Masjid Agung Kuwait berada di Mubarak al-Kabir Street / Arabian Gulf Street dikawasan Sawaber, kota Kuwait. Lokasinya berdiri berseberangan dengan Istana Sief (Sief Palace), Istana yang terkenal dengan Menara Jam-nya yang besar seperti layaknya Big Ben di London atau Jam Gadang di Bukit Tinggi (Sumatera Barat).

Istana Sief merupakan pusat pemerintahan Kuwait, lokasinya persis berad di tepian teluk Kuwait. Masjid Agung Kuwait merupakan salah satu contoh dari arsitektural Islam yang sempurna di jantung kota Kuwait. Dan, kehadirannya menjadi salah satu daya tarik utama di kota ini.

Perpaduan antara gaya arsitektur tradisional Islam dan keindahan kaligrafi menjadi ciri utama Masjid ini. Sisi kiblat masjid di hias dengan kaligrafi Al Quran dengan gaya Kufi menggunakan perpaduan warna dan bentuk yang menawan, memunculkan karakter dan warna khas Padang Pasir dan kawasan Teluk tempatnya berdiri.

Ruang utama Masjid dilengkapi dengan empat lampu gantung yang sangat indah memadukan material tembaga dan kayu menghasilkan perpaduan yang indah alami menggantung dari kubah utama. Salah satu ukiran kaligrafi indah di Masjid ini adalah ukiran kaligrafi Asma Ul Husna (99 nama-nama Allah SWT).

Masjid As-Sadiqa Fatimatul Zahra
Bangunan ini menjiplak bangunan Taj Mahal di India. Warga kota Kuwait yang ingin menyaksikan keindahan bangunan Taj Mahal, kini tidak perlu jauh jauh ke India.

Pemerintah Kuwait telah membangun sebuah Masjid dengan meniru bentuk bangunan Taj Mahal di India. Taj Mahal – nya Kuwait itu diberi nama Masjid As-Sadiqa Fatimatul Zahra.

Masjid bergaya Taj Mahal ini merupakan salah satu tujuan wisata religi paling populer di Kuwait selain Masjid Agung Kuwait yang merupakan Masjid Nasional.

Lokasi-nya berdiri tak jauh dari Bandara Internasional Kuwait, menjadikannya sebagai salah satu pemandangan indah bagi para penumpang pesawat yang melintas.

Tampilan luar Masjid ini memang dibangun meniru Taj Mahal namun bagian dalamnya sama sekali berbeda. Taj Mahal dibangun sebagai Maosoleum (makam) bagi Mumtaz Mahal, istri dari Shah Jehan (Raja dari Kerajaan Islam Mughal) tahun 1632 sebagai bentuk cintanya yang mendalam. Namun Taj Mahal di Kuwait ini adalah sebuah Masjid, di dalamnya tentu saja berupa ruang salat lengkap dengan mihrab dan mimbar.

0 komentar:

Posting Komentar