Rabu, 10 Juni 2015

Meski Terbatas Infrastrukturnya, Tanjung Sopi Mulai Dikenal Turis

Meski Terbatas Infrastrukturnya, Tanjung Sopi Mulai Dikenal Turis : aktual.co
Tanjung Sopi




"Pengakuan para wisatawan bahwa ketinggian gelombang di objek wisata Tanjung Sopi tidak kalah menantangnya jika dibandingkan dengan objek wisata serupa di Pulau Mentawai, Sumatera Barat"
Jakarta, Aktual.co — Objek wisata Tanjung Sopi di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), kian diminati wisatawan.
Bupati Pulau Morotai, Rusli Sibua mengatakan di Ternate, Kamis (1/10), dalam bulan Oktober ini saja, tercatat sebanyak 106 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke objek wisata Tanjung Sopi itu.
Wisatawan tertarik berkunjung ke objek wisata itu, karena selain memiliki panorama pantai yang sangat indah, juga memiliki ketinggian gelombang yang sangat ideal untuk berselancar.
"Pengakuan para wisatawan bahwa ketinggian gelombang di objek wisata Tanjung Sopi tidak kalah menantangnya jika dibandingkan dengan objek wisata serupa di Pulau Mentawai, Sumatera Barat," katanya.
Wisatawan mancanegara tersebut berkunjung ke objek wisata Tanjung Posi sebagian menggunakan kapal pesiar, sebagian melalui jalur regular Ternate-Morotai, kemudian melanjutkan dengan kapal rakyat ke Tanjung Sopi.
Ia mengatakan, para wisatawan tersebut selama berada di Tanjung Sopi, ada yang menginap di kapal pesiar, ada pula yang menginap di rumah warga setempat, karena di daerah itu belum ada hotel.
Oleh karena itu, Pemkab Pulau Morotai sangat mengharapkan adanya keterlibatan investor untuk membangun hotel dan berbagai fasilitas penunjang pariwisata lainnya di objek wisata tersebut.
Menurut Rusli, kendala lain yang dihadapi Pemkab Pulau Morotai dalam mengembangkan Tanjung Sopi sebagai objek wisata andalan adalah belum tersedianya jaringan telekomunikasi seluler di daerah itu, sehingga wisatawan kesulitan jika ingin berkomunikasi di luar wilayah itu.
Pemkab Pulau Morotai berupaya mengatasi keterbatasan sarana telekomunikasi itu dengan meminta salah satu perusahan telekomunikasi seluler di Indonesia untuk memperluas jangkauan pelayannya hingga ke wilayah Tanjung Sopi.
Para turis-turis ini datang dari berbagai Negara diantaranya Belgia, Swedia, Australia. Mereka datang ke Kecamatan Morotai Jaya Desa Sopi hanya melakukan selancar saja, karena menganggap untuk ombak yang ada di Sopi paling bagus diantara ombak-ombak yang ada di daerah lain.
Adanya letak ombak para turis-turis tersebut sudah tahu sendiri, karena mereka mendeteksinya melalui GPS atau satelit untuk mencari arah ombak.
Para turis yang datang biasanya selalu lapor ke kecamatan, dan untuk tempat menginap mereka selain di kapal yang mereka tumpangi, mereka juga menginap di rumah-rumah warga.
x

0 komentar:

Posting Komentar