Rabu, 10 Juni 2015

Camilan Sehat Untuk Pengidap Diabetes

Camilan Sehat Untuk Pengidap Diabetes : aktual.co
Ilustrasi


Buah yang baik untuk penderita diabetes adalah berries, melon dan apel (cukup setengahnya saja).


Jakarta, Aktual.co — Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit yang akhir-akhir ini semakin banyak dijumpai. Penyakit ini juga sering kita sebut dengan istilah kencing manis atau penyakit gula darah.

Penyakit yang satu ini termasuk jenis penyakit kronis yang tanda awalnya yaitu tingginya kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh. Organ tubuh yang terganggu adalah pankreas yang sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya lantaran tak mampu memproduksi hormon insulin dalam memenuhi kebutuhan tubuh. Dengan demikian glukosa meningkat di dalam darah menyebabkan berlakunya penyakit ini.

Kita semakin sulit menghindari makanan yang kaya kandungan gula. Hal tersebut sangat mudah dijumpai seperti es krim, sirup, minuman dalam kemasan, permen, aneka jajanan kue dan lain-lain. 
Semua makanan dan minuman tersebut kadang tanpa kita sadari mengandung banyak gula. Yang patut diwaspadai adalah kita tidak pernah mengetahui berapa takaran gula yang terkandung dalam makanan dan minuman tersebut. Berbeda jika kita minum teh atau kopi buatan sendiri, yang sudah diketahui berapa sendok teh takarannya. Kita boleh minum teh manis dan kopi selama masih dalam batas yang wajar.
Agar lebih aman bagi penderita diabetes, ada baiknya memilih camilan seperti yang disarankan oleh meetdoctor.com berikut ini;
Biskuit gandum
Gandum dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Selain itu, snack dari gandum dapat mempertahankan rasa kenyang relatif lebih lama. Temukan tulisan whole-wheat flour atau 'tepung gandum utuh' pada kemasan makanan. Konsumsi sekitar dua potong saja, untuk menambah rasa, dapat Anda tambahkan seperempat cup selai anggur. 
Buah segar
Buah mengandung nutrisi dan serat yang sangat penting untuk diet. Namun, porsinya harus tetap diperhatikan karena buah mengandung gula alami. Buah yang baik untuk penderita diabetes adalah berries, melon dan apel (cukup setengahnya saja). Tambahkan seperempat irisan keju, proteinnya berfungsi untuk menstabilkan gula darah dan memberi tambahan kalsium.
Serat dan mineral alami
Serat sangat baik untuk menurunkan kolesterol, banyak ditemukan dalam sayuran seperti tomat, black bean, paprika hijau dan alpukat. Boleh juga menambahkan irisan brokoli, wortel, seledri dan sayuran lainnya untuk mendapatkan ekstra mineral. Jadi sangat baik bagi penderita diabetes untuk menyantap salad sebagai snack di sore hari.
Yoghurt
Mirip dengan keju, yoghurt sangat baik untuk mestabilkan gula darah dan memberikan ekstra kalsium.


0 komentar:

Posting Komentar