Selasa, 09 Juni 2015

Telusuri Wisata Islam Mengangumkan di Iran

Telusuri Wisata Islam Mengangumkan di Iran : aktual.co

Masjid Sheikh Lotfollah (Foto: Istimewa)

Masjid Lotfollah Sheikh yaitu, Maha Karya arsitektur Safawi Iran. Letaknya di Naghsh-i Jahan Square di kota Isfahan. Masjid elegan memukai ini dibangun antara 1603 dan 1619 pada masa pemerintahan Shah Abbas.


Jakarta, Aktual.co — Iran (atau Persia) adalah sebuah negara Timur Tengah yang terletak di Asia Barat Daya. Iran berbatasan dengan Azerbaijan (500 km), dan Armenia (35 km) di barat laut, dan Laut Kaspia di utara,

Turkmenistan (1000 km) di timur laut, Pakistan (909 km), dan Afganistan (936 km) di timur, Turki (500 km), dan Irak (1.458 km) di barat, dan perairan Teluk Persia, dan Teluk Oman di selatan.

Pada tahun 1979 silam, sebuah Revolusi Iran yang dipimpin oleh Ayatollah Khomeini mendirikan sebuah Republik Islam teokratis sehingga nama lengkap Iran saat ini adalah Republik Islam Iran Inilah salah satu negara Islam yang ketat dan menghindari pengaruh Barat sejak revolusi 35 tahun lalu.

Namun demikian, negara ini mulai membuka diri bagi wisatawan asing yang ingin melihat kemolekan Timur Tengah. Negara ini menawarkan keindahan tempat-tempat wisata yang menakjubkan.

Berikut wisata menarik dari negara Iran yang kaya sejarah dan juga memanjakan mata Anda:
Isfahan
Kota ini terletak di pusat negara dan menjadi kota paling banyak kunjungan turis di Iran. Kota ini terkenal dengan bangunan sejarahnya seperti arsitektur Islam, jembatan tertutup, istana, dan masjid.

Masjid Sheikh Lotfollah
Masjid Lotfollah Sheikh yaitu, Maha Karya arsitektur Safawi Iran. Letaknya di Naghsh-i Jahan Square di kota Isfahan. Masjid elegan memukai ini dibangun antara 1603 dan 1619 pada masa pemerintahan Shah Abbas.

Masjid diambil dari nama nama Sheikh Lotfollah, ayah mertuanya. Lotfollah adalah seorang sarjana Lenanon yang dihormati Islam. Ruang ibadah dicapai melalui lorong bawah tanah panjang dan memutar. Hiasan di Masjid ini pun luar biasa indah.

Kubah menggunakan ubin halus yang berubah warna sepanjang hari, dari krem menjadi merah mudah . Di dalam tempat suci ini, Anda dapat mengagumi kompleksitas mozaik yang menghiasi dinding dan langit-langit yang luar biasa indah. Poros Matahari menyaring melalui tinggi kisi-kisi jendela, menghasilkan interaksi yang terus berubah dari cahaya dan bayangan.

Soltaniyeh Dome
Sebuah situs Warisan Dunia UNESCO di provinsi Zanjan bagian barat laut, makam Oljaytu di Soltaniyeh, disebut sebagai kubah terbesar di dunia.

Bangunan ini didirikan antara 1302 dan 1312 di Soltaniyeh, ibu kota Mongol. Monumen merupakan makam Il-khan Oljei, penguasa ke delapan Dinasti Ilkhanid.

Meski warna eksterior dan lantai telah memudar, tembok, tilework dan desain bangunan bersejara ini tetap hidup pad makam tanpa cedera. Struktur uniki dari Soltaniyeh Dome diyakini dipengaruhi oleh  desain makam Taj Mahal di India

Taheran
Musim gugur bersalju yang jarang sekali terjadi di Iran menyelimuti Teheran, ibu kota negara tersebut. Musim salju ini juga pertama kali terjadi di kota tersebut sejak lebih dari seabad lalu. Ini membuat sekeliling Taheran yang berisi pegunungan bersalju menjadi keindahan alam di Taheran

Shiraz
Tempat ini dikenal sebagai kota cinta dan penuh dengan puisi-puisi romantis karya seniman Iran. Kota ini menjadi kota kedua yang paling banyak dikunjungi oleh turis baik domestik atau pun mancanegara.

0 komentar:

Posting Komentar