Rabu, 10 Juni 2015

Mulai Hari Dengan Mie Gomak

Mulai Hari Dengan Mie Gomak : aktual.co
Mie Gomak


Anda penggemar Mie? Jika benar, tak ada salahnya anda coba cicipi mie yang satu ini. Mie Gomak namanya, mie yang dikenal khas dari Sibolga, Sumatera Utara.


Medan, Aktual.co — Anda penggemar Mie? Jika benar, tak ada salahnya anda coba cicipi mie yang satu ini. Mie Gomak namanya, mie yang dikenal khas dari Sibolga, Sumatera Utara.

Sekilas dari rasa, mie gomak memang tidak berbeda dengan mie kuning lain yang menjadi pilihan santapan lezat di saat sarapan pagi.

Cara pembuatan dan campurannya juga tak berbeda dengan menu makanan yang terbuat dari mie kuning lainnya, direbus lalu ditumis dengan campuran sayur kubis yang diiris tipis. Lalu ditambahkan daun seledri, daun bawang, irisan bawang merah dan putih secukupnya.

Yang kemudian membedakan mie satu ini dengan mie-mie lain yakni cara penyajiannya. "Gomak", sesuai dengan nama yang melekat bagi masyarakat lokal Sibolga berarti " diremas/ diambil dengan tangan" alias  bukan dengan sendok atau garpu, melainkan langsung dengan tangan sang penjual atau pembuatnya.

Sudah barang tentu sebelum menyajikan mie gomak kepada pembeli, tangan penjual telah steril terlebih dahulu. Walau akhir-akhir ini, para penjual telah banyak memakai media plastik untuk melapisi tangannya saat menyajikan menu makanan sarapan pagi ini.

"Kurang sopan saja rasanya, kalau langsung tangan yang menyajikan," ujar bu winda (42) seorang pedagang mie gomak.

Untuk menambah kelezatan mie gomak, biasanya pedagang akan menawarkan " kering atau basah". Untuk mie gomak kering, anda akan mendapatkan mie tanpa campuran kuah, tapi jika anda minta yang basah, pilihan juga ada, dengan kuah santan atau kacang.

Bagi anda penyuka makanan ekstra pedas, sambal khas Sibolga yang dicampur dengan mie gomak, akan memberi sensasi pedas makanan sumatera.

Jika anda berkunjung ke Kota Sibolga yang berada di tepi pantai barat Sumatera Utara ini, Mie Gomak  takkan sukar dicari di pinggiran jalan, karena mie ini  telah  mulai tidak saja dijajakan saat sarapan pagi, hingga saat malam hari pun mie gomak bisa anda nikmati.

0 komentar:

Posting Komentar