Kamis, 11 Juni 2015

Intip Yuk, 5 Kopi Indonesia yang Terkenal di Belahan Dunia


Intip Yuk, 5 Kopi Indonesia yang Terkenal di Belahan Dunia : aktual.co
ilustrasi santai (Foto: Aktual.co/Istimewa)

Jika ada kopi kita dihargai di negara lain, mengapa kita harus minum kopi negara lain yang harganya sangat tidak masuk akal itu? Mari kita nikmati kopi milik kita sendiri.


Jakarta, Aktual.co —Indonesia di luar negeri bukan hanya dikenal karena ada pulau Bali atau Soekarno. Kopi ternyata juga memberi andil besar. Bahkan, secara khusus, Oprah dalam satu episode di Oprah Winfrey Show memperkenalkan cara menikmati dan menyajikan Kopi Luwak. Kopi yang sangat khas Indonesia

Dan seruputan kopi Indonesia yang banyak disajikan di cafe-cafe di luar negeri membuat penikmat kopi ingin tahu seperti apa Indonesia itu. Nah, biasanya, mereka menyeruput lima kopi khas Indonesia yang tidak bisa ditemukan di daerah di belahan dunia lainnya.

Yuk kita intip, apa saja kopi yang mengharumkan nama Indonesia itu.

1. Kopi Java Kopi Jawa atau “Java” merupakam jenis kopi Arabika yang unik memiliki rasa yang manis, lembut dan beraroma hutan. Kopi yang lahir dengan kondisi geografis Indonesia mulai diproduksi pada abad 17 oleh pemerintahan Kolonial Belanda Kopi Jawa merupakan bagian dari campuran legendaris “Mocha Java” yang merupakan campuran Java dan Kopi dan Yaman. Saat ini kebanyakan perkebunan kopi di Jawa dikuasai PTPN yang meneruskan tradisi kopi Java yang sudah mendunia.

2 Kopi Aceh. Jika berkunjung ke Aceh, tak lengkap jika tidak berkunjung ke warung kopi untuk menikmati kopi khas kota ini. Kopi Aceh berasal dari Belanda yang dibawa oleh seorang pengusaha Belanda pada abad XVII melalui Batavia (sekarang Jakarta) lalu masuk ke Aceh. Kopi yang pertama sekali diperkenalkan adalah kopi jenis Arabica yang kemudian berkembang dengan jenis yang makin beragam. Di dunia, kopi bisa dibedakan menjadi 2 kelompok berdasarkan jenisnya, yaitu kopi Arabica dan kopi Robusta.

3. Kopi Luwak. Rasanya yang khas membuat kopi ini menjadi kopi termahal di Indonesia. Kopi yang dibuat dari kotoran binatang Luwak yang memakan biji kopi basa. Sistem pencernaan Luwak menyerap getah dari biji kopi sehingga terjadi proses fermentasi membuat kopi Luwak memiliki rasa dengan aroma caramel dan kakao.

4. Kopi Toraja. Kopi Toraja merupakan kopi dari Tana Toraja di sekitar daerah Kalosi. Kopi Toraja adalah kopi yang memiliki kandungan asam rendah dengan badan yang berat. Kopi Sulawesi dan kopi Sumatera memiliki rasa khas yang serupa, seperti rasa tanah dan hutan. Rasa tersebut muncul karena terpengaruh pemrosesan setelah biji kopi dipetik. Kopi Toraja saat ini sudah dipatenkan di Jepang dan AS oleh pengusaha lokal sehingga penjualan kopi Toraja di kedua negara tersebut harus melalui kedua perusahaan itu.

5. Kopi Kintamani. Kopi Bali atau Kintamani merupakan kopi arabika yang terasa lembut dan manis. Kopi ini diproduksi dalam sistem Subak Abian yang mendorong pengolahan kopi secara organik dengan kerja sama. Kopi ini sudah mendapatkan sertifikasi Indikasi Geografis dari CIRAD (Centre de Cooperation en Recherches Agronomiques pour le Development/ Pusat Kerjasama dalam Penelitian Pertanian untuk Pembangunan Internasional, Perancis) sebagai kopi unik yang berasal dari Bali.

Jika ada kopi kita dihargai di negara lain, mengapa kita harus minum kopi negara lain yang harganya sangat tidak masuk akal itu? Mari kita nikmati kopi milik kita sendiri. (Sumber)

0 komentar:

Posting Komentar