Rabu, 10 Juni 2015

Yuk, Menikmati Sembari Belajar Menyeduh Teh

Yuk, Menikmati Sembari Belajar Menyeduh Teh : aktual.co
Kedai Ho Teh Tiam


Untuk dapat menyeduh teh secara benar, kedai akan menyediakan daun teh mentah, segelas poci, cangkir dan alat penampung air. Lalu, pengunjung dipersilakan menyeduh sendiri tehnya.


Medan, Aktual.co — Anda adalah penikmat teh? Silakan mampir ke kedai teh yang satu ini. Di sini Anda bisa merasakan sensasi klasik menyeruput hangatnya secangkir teh sekaligus berkesempatan belajar menyeduh teh secara benar.

Ho Teh Tiam, yang dalam bahasa Indonesia berarti 'Kedai Teh Bagus' ini, dari letaknya yang strategis pasti tidak akan menyulitkan anda untuk menemukannya.

Berlokasi di Jl Monginsidi Nomor 32, Medan, atau sejauh 10 menit perjalanan dari Bandara Internasional Polonia.  

Sesaat keluar dari gerbang bandar udara internasional itu, arahkan kendaraan ke sisi kiri menuju Jl Monginsidi. Setelah melalui Rumah Sakit Boloni, alihkan pandangan mata anda ke sebelah kanan jalan. Di situ berdiri tegak sebuah kedai bernuansa China. 

"Sebelum bepergian keliling Kota Medan atau Sumatera Utara, silakan singgah nge-teh dulu," kata  Endar Hadi Purwanto, pengelola Ho Teh Tiam yang murah senyum ini.

Menurut penuturan Endar, Ho Teh Tiam hadir tidak semata untuk dikomersialkan, namun lebih jauh menyiratkan pesan tradisi ketimuran yang harus tetap dipertahankan ditengah gempuran minuman bersoda dan alkhohol.

"Kita buka kedai teh ini bukan cuma semata untuk komersial. Tapi, mengingatkan sebuah tradisi seduh teh khas budaya orang timur, khususnya orang China dan juga Indonesia. Justru yang saya sayangkan agak tertinggal, sementara di Inggris atau Eropa, minuman teh ini sangat terkenal bahkan menjadi minuman favorit " ujar Endar.

Endar mengatakan, selain menyajikan dan menyediakan teh dalam kemasan serta berbagai perlengkapan seduh teh yang dijual kepada pengunjung, dia juga senantiasa bersedia untuk membagikan pengetahuan kepada siapa saja yang ingin belajar menyeduh teh yang benar agar menghasilkan cita rasa yang optimal. 

"Yang terpenting dalam teh itu adalah seduhannya. Apapun jenis tehnya kalau cara menyeduhnya benar, akan berpengaruh terhadap aroma dan harga, selain kemudian diperoleh rasa teh yang berkhasiat, yang membedakan itu cuma taste dan kualitas saja" jelas pemilik kedai yang telah membuka kedai tehnya sejak 2008 silam itu.

Selain itu, kecintaan Endar terhadap teh juga yang menjadikannya sebagai salah seorang kolektor beragam poci teh yang terpajang apik di rak-rak kedai miliknya itu.

Untuk dapat menyeduh teh secara benar, kedai akan menyediakan daun teh mentah, segelas poci, cangkir dan alat penampung air. Lalu, pengunjung dipersilakan menyeduh sendiri tehnya.

Endar yang juga salah seorang pengurus Medan Tea Club yang telah berdiri sejak 1999 silam itu menuturkan, bahwa teh yang ada di kedainya,  tidak saja ia peroleh dengan cara impor dari China yang dikenal sebagai gudangnya teh. "Kalau lokal, dari Bogor dan Sidikalang," sebut Endar.

Untuk mendapatkan khasiat maksimal dari teh, Endar juga mengingatkan untuk mengurangi pemakaian gula. Pasalnya, pemakaian gula akan memangkas kadar antioksidan yang terkandung dalam teh.

"Selain itu hindari juga teh dengan rasa sepat karena teh yang sepat itu berarti sudah gosong, atau sudah tak layak untuk diminum," ujar Endar.

Menurut Endar, khasiat lain dari menyeduh teh, yakni mampu menghambat proses penuaan. "Sewaktu menyeduh, disitu ada ketenangan jiwa dan rasa enjoy, dengan menyeduh teh, juga bisa menghambat proses pikun," imbuhnya.

Endar mengisahkan, kedai miliknya juga secara rutin menyelenggarakan kegiatan lomba seduh teh untuk siswa sekolah. Hal ini bertujuan untuk semakin menggiatkan cara menyeduh teh yang baik sejak dini kepada anak-anak sekaligus mempertahankan tradisi teh serta mengikis hegemoni minuman modern.

0 komentar:

Posting Komentar