Rabu, 24 Juni 2015

Tempat Wisata di NTT (Nusa Tenggara Timur)

Tempat wisata di NTT atau Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Di Nusa Tenggara Timur terdapat Kepulauan Komodo yang termasuk dalam New Seven Wonder World. Maka dari itu pengelolaan tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini terus dikembangkan oleh pemerintah Indonesia untuk memanjakan para wisatawan domestik maupun internasional.

Berikut rangkuman tentang tempat wisata yang ada di Nusa Tenggara Timur yang menjadi tujuan utama wisatawan domestik dan mancanegara.

1. Pulau Komodo
Pulau Komodo Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur
Tentu sudah banyak yang tahu dengan tempat wisata di Nusa Tenggara Timur satu ini. Pulau Komodo merupakan satu-satunya di dunia yang masih menyisakan kehidupan reptil jaman purba. Pulau Komodo itu sendiri terdiri dari 3 bagian pulau utama, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar. Selain hewan Komodo, jika anda melakukan perjalanan di Pulau ini maka anda akan menemui hewan lokal seperti kera, babi, kerbau liar, kijang yang terkadang menjadi buruan komodo. Pemandangan alam di sekitar pulau ini pun tidak kalah cantik karena laut dan terumbu karang yang bersih dan indah menghiasi sekeliling Pulau Komodo.

2. Pantai Kolbano
Pantai Kolbano Pantai Berbatu di NTT
Pantai Kolbano terletak di Desa Kolbano, Nusa Tenggara Timur. Pantai dengan keindahan dan keunikannya yang menjadi tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini sangat berbeda dengan pantai-pantai lain di Indonesia. Jika anda melihat pantai dengan pesisir pasir warna putih atau hitam itu merupakan hal yang biasa. Tapi jika anda berkunjung di Pantai Kolbano yang akan anda temui adalah pesisir pantai yang terdiri dari batuan warna warni yang bertekstur lembut. Inilah yag menjadi daya tarik dari pantai Kolbano, yang tidak akan ditemui di pantai manapun di Indonesia.

3. Danau Kelimutu
Pemandangan Indah Danau Kelimutu di NTT
Tempat wisata di Nusa Tenggara Timur satu ini memang sangat menakjubkan. Sebuah pemandangan tiga buah danau yang berdekatan dan memiliki warna masing-masing yang berbeda. Gunung Kelimutu sejak jaman kolonial Belanda sudah terkenal dan menjadi tempat liburan bagi orang Belanda yang mencari tempat berlibur. Letaknya yang tidak jauh dari Pulau Lombok sangat banyak dinikmati para wisatawan karena mereka bisa berlibur di 2 tempat yang saling berdekatan. Pada suatu waktu, ketiga danau akan berubah warna yang masing-masing warnanya tetap berbeda. Inilah keindahan yang tidak tertandingi di belahan dunia manapun.

4. Taman Laut Selat Pantar
Terumbu Karang di Taman Laut Selat Pantar
Panorama keindahan taman laut yang menjadi tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini tidak kalah indahnya dengan taman laut lain yang berada di Indonesia semisal Taman Laut Bunaken atau Taman Laut di Raja Ampat. Setidaknya ada 26 titik penyelaman yang dapat dinikmati. Dan semua terumbu karang dan berbagai jenis ikan laut terawat dengan baik. Penduduk yang berprofesi sebagai nelayan pun juga turut menjaga dalam penangkapan ikan. Dan menurut penyelam dunia, ada satu titik penyelaman di mana titit tersebut digunakan sebagai tempat berkumpulnya hiu dasar yang mengagumkan dan sangat bersahabat dengan para penyelam.

5. Kampung Megalitik
Kampung Megalitik di Nusa Tenggara Timur
Tempat wisata di Nusa Tenggara Timur selanjutnya akan menawarkan kebuyaan lokal yang menjadi daya tarik para wisatawan khususnya wisat
awan dari mancanegara. Dikenal sebagai kampung megalitik karena jalan di kampung ini merupakan batuan yang tersusun rapi. Dan menurut penduduk setempat ada jejak kaki di setiap jalan batu ini yang diyakini sebagai telapak kaki Dhake dari Aimere yang dahulu membangun jalan batu megalit ini.

5 daftar tempat wisata di Nusa Tenggara Timur di atas merupakan tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Sebagai warga negara  Indonesia yang baik, kita harus berbangga dan selalu menjaga aset negara yang berharga ini.

(sumber)

0 komentar:

Posting Komentar