Selasa, 09 Juni 2015

Bangunan Unik & Megah di Kuwait (2): Masjid Fatima dan Piramida

Bangunan Unik & Megah di Kuwait (2): Masjid Fatima dan Piramida  : aktual.co

Masjid Sheihka Fatima di Kuwait (Foto: Istimewa)

Masjid Sheihka Fatima, Masjid seperti lonceng dan sebatang lilin di Kuwait. Masjid ini berada di kawasan sub urban Abdullah Al-Salem di kota Kuwait, menjadi salah satu Masjid megah, modern dan mewah namun unik.


Jakarta, Aktual.co — Diberitakan Aktual.co sebelumnya, Negeri Arab Teluk, Kuwait bertabur Masjid indah. Tak sekedar unik, tapi juga megah dan mewah dan tentu saja padat dengan jemaah terutama di bulan Ramadan.

Berikut beberapa Masjid unik di negara Kuwait
Masjid Nasser Al-Sabah atau Masjid Piramida
Selain memiliki masjid mirip Taj Mahal, Kuwait masih memiliki Masjid unik lainnya yakni Masjid Piramida. Masjid berbentuk tak biasa ini sebenarnya bernama Masjid Muhammad Nasser El Saba atau Masjid Sheikh Nasser. Namun, karena bentuknya yang memang berbentuk segitiga seperti piramida, maka kebanyakan pengunjung lebih menyebutnya sebagai Masjid Piramida.

Masjid Sheikh Nasser berada di kawasan Ras Salmiya di kota Kuwait. Ruang utama masjid ini berukuran 30 x 26 meter ditambah dengan  ruangan dua lantai dibelakangnya terhubung langsung dengan Masjid yang merupakan area berwudhu dan kantor pengelola masjid di lantai dasarnya. Sedangkan, pada lantai dua merupakan area sholat khusus jemaah wanita, perpustakaan dan pusat riset Islam.

Berdiri di atas lahan seluas 2.150 meter persegi juga dilengkapi juga dengan menara tunggal setinggi 50 meter. Proyek pembangunannya selesai pada tahun 1981 yang lalu menghabiskan dana sebesar US$ 3.000.000 Dolar Amerika dan ditangani oleh biro Arsitek Bereau D’architecture, Henri Montoris dari Belgia.

Masjid Fatima, Berbentuk Lonceng
Masjid Sheihka Fatima, Masjid seperti lonceng dan sebatang lilin di Kuwait. Masjid ini berada di kawasan sub urban Abdullah Al-Salem di kota Kuwait, menjadi salah satu Masjid megah, modern dan mewah namun unik.

Seperti Masjid masjid lainnya di Negara Kuwait, Masjid ini pun dipadati jemaah terutama selama bulan suci Ramadan.

Rancangannya begitu unik dengan bentuknya yang tak lazim, tidak seperti bangunan Masjid seperti biasanya, apalagi letaknya yang notabene di tanah arab. Masjid Fatima dibangun menyerupai sebuah lonceng dalam ukuran super besar.

Dibangun tahun 1982, Masjid Sheikha Fatima memadukan antara arsitektural tradisional dan teknologi konstruksi modern dalam sebuah harmoni. Bentuk lonceng pada masjid ini adalah Kubah Masjid.

Kubah di Masjid ini tidak lagi sebagai sebuah komponen estetika melainkan masjidnya sendiri yang menciptakan ruang terbuka begitu besar di dalamnya, dengan sebuah teknologi konstruksi yang baru, inovatif dan unik.

Dibentuk dari bahan plastik dan kaca Alblaks, dihias dengan ukiran kaligrafi Al-Qur’an di atas material kayu dalam berbagai bentuk garis lurus dan geometris pada lampu gantungnya dipadu dengan material kaca anti noda.

Tak hanya itu, keunikan Masjid ini pun terlihat pada rancangan menaranya yang mirip sebatang lilin. Memberikan keseimbangan antara kemampuan rancangan arsitektural dari kubah lonceng, menara dan elemen lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar