Senin, 15 Juni 2015

Tarik Minat Wisatawan Berkunjung, Warga Kalteng Diminta Ramah


Obyek wisata Taman Nasional Tanjung Puting

Jakarta, Aktual.co —  Masyarakat Kalimantan Tengah diminta lebih ramah terhadap wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung dan menikmati objek wisata di provinsi yang terdapat daya tarik tersebut.
“Kita harus bercermin dahulu terhadap diri sendiri. Jangan melihat kiri dan kanan, justru yakinkan diri apakah mampu menjadi tuan rumah yang baik,” kata Gubernur Agustin Teras Narang di Palangka Raya, Selasa (20/1).
Dia mengatakan, pemerintah provinsi sudah menginventarisir kekuatan, kelemahan, dan peluang serta tantangan potensi pariwisata daerah yang dijuluki “Bumi Tambun Bungai” itu dan kini sedang dikembangkan agar menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara.
Mantan anggota DPR RI itu meminta semua pihak dapat bergotong royong untuk melestarikan potensi pariwisata daerah itu. Hal itu penting dilakukan dengan harapan kunjungan wisatawan ke daerah yang terdapat “Huma Betang” tersebut.

“Anggaran untuk mendorong dan menggerakan potensi pariwisata telah ditetapkan, tapi Tidak ada artinya kalau tidak didukung potensi lainnya yang ada di Kalteng termasuk pelaku dunia pariwisata dan masyarakat,” kata Teras.
Potensi pariwisata Kalteng di antaranya Taman Nasional Tanjung Puting, Sebangau dan Bukit Raya yang memiliki ekosistem rawa gambut maupun keberagaman flora dan fauna.
Ada juga hewan endemic yang tidak ada di Provinsi dan Negara lain seperti orangutan, Owa, Bekantan, dan Burung Tingau. Wisata Ethnic seperti arsitektur rumah adat, seni tari, ukir dan music serta Upacara maupun Pakaian Adat juga terdapat di Kalteng.
“Semua potensi ini tidak ada apa-apanya jika kita tidak menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan. Itulah kenapa semua pihak harus terlibat dalam mengembangkan objek pariwisata agar semakin diminati wisatawan dalam dan luar negeri,” demikian Teras Narang.

0 komentar:

Posting Komentar