Rabu, 10 Juni 2015

Gembira Loka Tambah Koleksi Monster Gila

Gembira Loka Tambah Koleksi Monster Gila : aktual.co
Monster Gila Koleksi Gembira Loka (Istimewa)


Kebun Binatang Yogyakarta Gembira Loka bulan ini telah menambah koleksi satwanya berupa sepasang Monster Gila (Heloderma suspectum), yakni sejenis kadal dari keluarga varanus.


Yogyakarta, Aktual.co — Kebun Binatang Yogyakarta Gembira Loka bulan ini telah menambah koleksi satwanya berupa sepasang Monster Gila (Heloderma suspectum), yakni sejenis kadal dari keluarga varanus.

Kadal beracun ini bertubuh tambun dengan kulit tebal dan ekor yang pendek. Miftah Nur Khasan, Kepala Bidang Perawatan Satwa Gembira Loka menjelaskan kadal beracun ini diperoleh dari sumbangan seorang kolektor binatang dari Surabaya.

"Sebelum kami display untuk pengunjung, perlu adaptasi dulu di ruang karantina," kata Miftah, Ahad (25/11). 

Selain mendapatkan sumbangan sepasang kadal, Gembira Loka, dari kolektor yang sama juga mendapatkan koleksi seekor phyton woma, untuk menambah koleksi ular hias yang ada di kebun binatang Yogyakarta ini.

Kadal beracun ini biasa hidup di gurun yang gersang di bagian barat daya Amerika Serikat dan Utara Meksiko. Kadal ini sangat beracun, kelenjar racunnya terletak di rahang.

Racunnya digunakan saat akan menggigit mangsa, seperti halnya komodo. Untuk mencium bau mangsanya, monster gila menggunakan lidah. 

Sementara dalam rangka terus menambah koleksi satwanya Taman Gembira Loka juga tengah menjajaki kerjasama dengan berbagai kebun binatang di luar negeri, seperti Singapura Zoo, Saigon Zoo di Vietnam, dan Zoo Negara Kuala Lumpur di Malaysia. Kerja sama yang dilakukan terutama bidang saling tukar-menukar satwa.

Upaya ini ditempuh untuk melengkapi satwa yang ada, khususnya kebutuhan burung eksotik, berkait dengan pembangunan taman burung yang sedang berlangsung di Gembira Loka.

"
Kami telah bertemu dengan pimpinan kebun binatang dari Singapura Zoo. Koleksi yang kami minta di antaranya flamingo dan pinguin," kata Direktur Utama KMT.A.Tirtodiprojo. 

Sementara dari pihak Gembira Loka akan mengirim dua ekor orangutan betina, sedangkan dari Vietnam akan menukar satwa endemik Vietnam. "Namun, ini masih dalam proses negosisasi," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar