Kamis, 06 Agustus 2015

Pempek Palembang Mendunia – Berharap



Pempek – makanan khas Palempang yang terbuat dari sagu yang beriisikan ikan didalamnya. Makanan ini disantap dengan kuah cuka atau cuko orang palembang bilang. Kuah cuko sendiri adalah campuran dari air, gula merah, ebi, bawang putih, garam dan cabe rawit untuk memperpedas rasa cuko kemudian dididihkan.

Pempek bervariasi jenisnya ada yang pempek telur besar/kecil, pempek pistel (beriisikan pepaya muda yang sudah diremus dan dibumbui), pempek panggang, pempek lenggang, pempek udang dan pempek belah. Namun yang terkenal dan sering kita makan yaitu pempek kapal selam (yang berisikan telur ayam didalamnya).

Kemendag beringinan untuk mengeluarkan pempek agar dikenal oleh seluruh dunia. Maka kemendag meningkatkan ekspor produk Indonesia keluar negeri. Dengan itu Kemendag mendatangi Pemerintah Provinsi Sumsel untuk memberi izinkan agar dapat mengeksporkan makanan khas palempang ini.
Meskipun makanan tradisional disukai oleh luar negeri bahkan sangat digemari sayangnya ketika disediakan di pagelaran World Expo Milan disajikan dalam bentuk yang monoton. Tidak bervariasi. Padahal dalam sehari ada sekitar 8000 pengunjung yang datang.

Maka dari itu kita harus mengembangkan kreatifitas untuk menyediakan makanan agar dapat menarik perhatian negara – negara yang lain. Sehingga kita dapat membanggakan salah satu sumber alam yang sangat luar untuk negara kita ini, Lautan yang sangat luas dengan beisikan beragam spesies makhluk air yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar