Kamis, 06 Agustus 2015

Kenikmatan Rendang yang Sudah Dikenal Seluruh Dunia



Rendang – Semua orang pastilah tahu dengan makanan ini yang terbuat dari daging serta dicampurkan oleh santan – yang lumayan banyak – dan dimasak deang waktu yang lumayan lama – sekitar empat jam. Dengan akan kaya rasanya inilah yang membawa rendang dapat dikenal oleh seluruh dunia, bahkan dapat menjadi masakan terlezat di dunia pada saat itu.

Namun karena sekarang banyak makanan – makanan dari luar negeri yang tidak dapat dikatakan tidak lezat, keberadaaan rendang yang telah dikenal sebagai makanan terlezat di dunia ini agaknya sedikit tergeserkan. Bahkan warga negara indonesia pun sepertinya lebih memilih makan junkfood terlebih memakan masakan nusantara ini.

Rendang adalah masakan memiliki kedudukan terhomat di Minangkabau – seperti yang telah dilansir oleh Wikipedia. Biasanya di Minangkabau rendang akan disediakan pada acara – acara tertentu seperti pernikahan, khitanan, ulang tahun, atau di acara keagamaan seperti Idul Fitri dan Idul Kurban. Rendang itu sendiri pun mempunyai arti musyawarah dan mufakat. Itu terdiri dari pemimpin yang dilambangkan dengan daging sapi. Kaum intelektual dilambangkan dengan santan kelapa. Ulama atau ahli agama dilambangkan dengan cabai, yang menegaskan kalau mereka mengajarkan keagamaan dengan tegas. Dan terakhir adalah masyarakat Minangkabau itu sendiri yang dilambangkan dengan bumbu.

Dalam jenisnya pun rendang ada dua jenis yaitu rendang kering dan rendang basah. Rendang kering ialah daging sapi yang telah berubah warna coklat kegelapan dan tak ada kuahnya, sedangkan rendang basah atau sering disebut juga dengan kalio ialah daging yang berwarna agak kekuningan dan ada kuahnya.

Karena akan kaya rasa yang dihasilkan oleh bumbu yang terbuat dari rempah – rempah asli indonesia, banyak orang asing atau turis yang sangat ingin mencicipi ataupun melihat cara memasak rendang langsung ke sumatera barat. Kita sebagai generasi muda sudah semestinya mempromosikan masakan nusantara kita ke luar. Dan membuat seluruh dunia bahwa masakan nusantara tidak kalah lezatnya terhadap masakan eropa sekalipun.

Ayo mulai sekarang promosikan seluruh masakan nusantara, bukan hanya rendang saja yang lezat. Semua makan nusantara pun tak kalah lezatnya.

0 komentar:

Posting Komentar