Kamis, 06 Agustus 2015

Kuliner jepang yang enak namun sehat



Jepang memang mempunyai kuliner dengan jumlah yang sangat banyak. Tak heran jika disetiap negara membuka sebuah restoran dengan menu khas makanan jepang ini. Contohnya di Indonesia, menjamurnya restoran – restoran ala jepang sangat menghiasi mall dan kawasan elit di jakarta. Dari harga yang cukup murah sampai harga yang mahal. Serta dengan berbagai versi yang ada didalam restoran tersebut.

Kuliner yang sangat populer yaitu sushi. Sushi terbuat dari nasi yang dicampur dengan telur, ikan –biasanya diisi dengan ikan tenggiri atau tuna- dan bermacam sayuran lalu dibungkus dengan rumput laut yang sudah dikeringkan. Biasanya sushi disantap dengan wasabi dan kecap asin. Dalam sebuah penelitian sushi adalah makanan yang memiliki manfaat sehat karena didalam sushi terdapat nori (rumput laut) untuk membungkus sushi memiliki vitamin A,B kompleks, C dan Niasin. Ikan –ikan yang digunakan juga rendah lemak namun tinggi akan asam omega. Maka dari itu mengapa kita harus menyantap sushi dengan wasabi agar membunuh mekuri yang beradadi dalam ikan. Namun sering-sering memakan sushi pun tak baik untuk tubuh. Meskipun dengan porsi yang kecil pun itu akan menyebabkan efek yang sama saja. Terlebih usai makan sushi lalu disambung dengan tempura goreng yang dikasih mayones dan keju, itu akan menambah jumlah kalori yang kita makan.

Tak hanya sushi saja, masih ada lagi makanan yang menyehatkan ala jepang misal sukiyaki. Sukiyaki adalah irissan daging sapi yang tipis, sayuran, jamur dan tahu dan dimasak dalam satu panci. Setelah direbus, daging sukiyaki akan dicelupkan didalam kocokan telur ayam. Riset menunjukan wanita yang memiliki penyakit kanker payudara akan merendahkan resiko kanker berkembangbiak jika memakan sukiyaki dalam 7 hari. Karena didalam sukiyaki terdapat sayur-sayuran (kubis) seperti sawi putih.
Memakan sayur sayuran kubis juga dapat meningkatkan produksi enzim face II didalam hati. Maka dari itu Sukiyaki dapat dikatakan makanan yang mempunyai gizi antikanker.

Jika penasaran dengan kedua makanan ini datang saja ke pusat perbelanjaan –mall- disana banyak yang menawarkan makanan ala jepang yang lezat. Mau mencoba?

0 komentar:

Posting Komentar