Kamis, 06 Agustus 2015

Instrumen petik indah Nusa Tenggara Timur – SASANDO



Dengan bentuk tabung dibagian utama dan melengkung dibagian tengah serta senar – senar dibagian bawah menghasilkan bunyi yang indah. Sedangkan tabung sasando diletakan di wadah anyaman daun lotar yang dibentuk seperti layaknya kipas, itulah Sasando. Alat musik Sansando berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Seperti halnya dengan gitar, biola, dan kecapi sasando juga merupakan alat instrumen musik dengan cara dipetik. Namun, dalam memainkan Sasando tidak ada chord melainkan senar yang harus dipetik dengan 2 tangan sama halnya dengan Harpa. Dengan memainkan dengan 2 tangan ini menghasilkan 3 nada yaitu melodi, bass, serta accord. Kata dari Sasando itu sendiri pun berasal dari bahasa Rote yang berarti bergetar. Alat musik ini sudah dikenal pada kalangan Rote sejak abad ke-7. 

Tak banyak kalangan anak muda pada generasi ini mengetahui adanya alat musik Sasando. Beda halnya pada penikmat alat musik tradisional dari indonesia ini sangat menyukai ketika mendatangi Australia dan Eropa. Maka dari itu Depbupar menggelar festival music dengan hadia piala Presiden. Serta pada di daerah NTT pun Sasando telah menjadi ikon kurikulum disekolah-sekolah dekat Rote. 

Hal ini akan dilaksanakan oleh depbupar dan akan diselesaikan pada tahun 2016 mendatang” ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Rote Ndao Melkias Rumlaklak


(Info dikit ga papa kan ) hehee 

0 komentar:

Posting Komentar