Kamis, 06 Agustus 2015

Nikmati Kuliner khas bandung yang dapat tubuh sehat – seblak




Seperti yang anda tahu, selain dijuluki sebagai kota kembang, bandung juga dikenal dengan kota yang akan kaya kuliner. Entah itu kuliner basah maupun kering. Dalam pembahasan ini, saya ingin mengulas seblak, kuliner yang lagi terkenal dimasyarakat. 

Seblak adalah kerupuk aci mentah yang sudah dikukus atau direbus diatas wajan dan ditumis dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Makanan khas bandung ini banyak bentuknya, dari yg bundar, pipih, kecil-kecil, kotak, segitiga, sesuai dengan penjualnya. Seblak itu sendiri pun terdapat 2 macam. Basah dan kering. Biasanya orang bandung akan memasak seblak basah ketika turun hujan ataupun udara yang mendingin.

Selain dapat menghangatkan tubuh, seblak juga dapat menurunkan resiko kanker. Karena banyak ahli – ahli peneliti berkata “ di dalam cabe terkandung zat kapsiasin, zat ini dapat membunuh sel kanker yang menyerang mitokondria, namun tak berefek samping dengan sel yang lainnya”.
Makan seblak juga berefek samping jantung lebih sehat dan menghilangkan stres. Memakan seblak juga dapat menurunkan berat badan, so untuk kaum hawa kalau ingin diet makan aja seblak hehehe

Jika anda belum pernah memakan seblak atau kesulitan untuk membelinya, anda dapat membuatnya sendiri. Bahan – bahan yang diperluka sangatlah sederhana dan mudah didapat. Cara memasaknya pun sangat mudah, anda harus menghaluskan cabe, kencur, bawang merah dan bawang putih. Tapi ingat, kencurnya jangan terlalu banyak karena jika kencurnya terlalu banyak hasilnya akan kurang begitu sedap. Ketika bumbu sudah halus, kerupuk aci mentah direbus dalam wajan. Rebus hingga lembek dan kenyal, tiriskan lalu ditumis dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. 
Mudah bukan?



Selamat mencoba !!!

0 komentar:

Posting Komentar