Minggu, 25 Oktober 2015

5 Fakta yang Aneh Tentang Titanic


5. Kapten
Telah ditemukan pada tahun 2012 bahwa Kapten Edward Smith benar-benar gagal ujian navigasi putaran pertama kalinya sebelum melewati tahun 1888. Meskipun dia banyak melakukan kesalahan, seperti mengemudi kapal terlalu cepat dan mengabaikan peringatan dari Icebergs, tindakannya yang terakhir adalah untuk berani turun dengan kapal, memungkinkan salah satu penumpangnya untuk melarikan diri.
4. Teori Bulan
13 tahun yang lalu, ilmuan mempunyai banyak dugaan terhadap masalah kapal “Titanic” yang menabrak gunung es ditengah laut. Donald Olson, seorang astronom yang melanjutkan teori tentang posisi bulan yang mungkin berbuat sesuatu terhadap teori itu. Bulan penuh menyebabkan pasang air laut semakin terjam, salah satunya membuat kapal bergerak lebih cepat dari biasanya. Ditambah lagi, ketika gerhana yang dimana posisi bulan sangat dekat dengan bumi yang telah terjadi pada 1000 tahun yang lalu, yang mungkin salah satu penyebabnya adalah susahnya untuk mengemudikan kapal tersebut.
3. Kegagalan
Mungkin ini hanyalah kejadian yang kebetulan, namun 14 tahun sebelum titanic berlayar ke New York, Morgan Robertson menulis sebuah novel yang berjudul kegagalan. Buku tersebut menceritakan sejarah buatan kaum Titan, dimana sang pencipta kapal menganggap bahwa kapal buatannya “unsinkable” yang artinya tidak mungkin tenggelam. Meskipun begitu bencana yang dialami oleh kapal ini sangatlah berbahaya ketika bertambrakan dengan gunung es sehingga menyebabkan banyaknya penumpang yang meninggal. Selebihnya selamat dikarenakan mereka menaiki sekoci kecil. Seperti yang telah kita ketahui bukan?
2. Ilusi Penglihatan
Meskipun cuaca dimalam itu nampak terlihat sempurna, namun cuaca itulah yang akhirnya mengakibatkan becana yang dialami kapal titanic itu sendiri. Karena tenggelam, Kapten Smith mengeluarkan sinyal bahaya dengan menembakkan panah api kearah langit yang dingin. Seperti yang telah diketahui oleh ilmuan tentang proses “pembalikan suhu” yang dimana suhu panas dan suhu dingin bertabrakan akan membuat suatu gambaran cahaya yang aneh pada langit. Inilah alasan mengapa kapal tersebut salah paham menafsirkan sinyal bahaya itu sebagai pembanyangan udara. Faktanya, sejarahwan menemukan beberapa arsip penting dikapal tentang pembayangan udara pada setiap malam diwaktu itu.
1. William McMaster Murdoch
William McMaster Murdoch adalah petugas pertama yang diperintahkan untuk memutar balikan kapal, namun sangat tidak dimungkinkan bahwa kapal akan berbalik dengan sempurna pada tepat waktu dikarenakan kapal tersebut terlalu besar. William pun mengusulkan bahwa kapal tidak akan tenggelam jika kapal ini menabrak permukaan gunung es tersebut ...... namun kenyataannya bahwa William hanya ingin tenggelam bersama dengan sang kapal.

0 komentar:

Posting Komentar